Kepulangan Jamaah Haji hampir Gelombang 1 hampir Pungkas

Kepulangan Jamaah Haji hampir Gelombang 1 hampir Pungkas
Kepulangan Jamaah Haji hampir Gelombang 1 hampir Pungkas. Gelombang pertama kepulangan jamaah haji Indonesia yang bertolak ke Tanah Air hampir pungkas. Lebih dari separuh jamaah gelombang pertama telah dipulangkan melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah, hingga Rabu (5/9) malam.

Menurut Kasi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Jamaah Daker Bandara, Muhammad Syarif, sepanjang Rabu (5/9) hingga malam hari, sebanyak 19 kloter diberangkatkan ke Tanah Air. “Jumlah yang berangkat sebanyak 7.898 penumpang terdiri dari jamaah haji sebanyak 7.803 orang dan petugas kloter 95 orang.

Sehari sebelumnya, dari Bandara berangkat sebanyak 17 kloter atau 17 penerbangan dengan jumlah sebanyak 6.915 orang terdiri dari jamaah haji sebanyak 6.830 orang dan petugas kloter 85 orang. Adapun untuk secara keseluruhan yang telah diberangkatkan dari Bandara Jeddah sampai Rabu malam sejak awal pemulangan pada 27 Agustus lalu sebanyak 158 kloter dengan jumlah sebanyak 64.886 orang. Perinciannya, jamaah haji 64.096 orang dan petugas kloter 790 orang.



Total sebanyak 203.351 jamaah haji reguler tiba di Tanah Suci pada musim haji ini. Dari jumlah itu, sebanyak 87.863 orang tiba dalam gelombang pertama Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah. Jamaah gelombang pertama kedatangan itu pula yang akan berangkat pulang ke Tanah Air lebih dulu melalui Jeddah secara bertahap hingga 9 September nanti.

Petugas membantu membereskan barang bawaan jamaah yang tercecer di Bandara King Abdulaziz Jeddah.
Sementara ini, sebanyak 30 kloter menuju Debarkasi Jakarta-Pondok Gede. Jumlah serupa juga dipulangkan ke Debarkasi Surabaya. Jumlah terbanyak selanjutnya adalah 28 kloter ke Debarkasi Solo dan 17 Kloter ke Debarkasi Jakarta-Bekasi.

Menurut Syarif, kinerja ketepatan waktu maskapai sejauh ini cukup baik. Dari 81 penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia Airlines, sebanyak 73 atau 90,1 persen di antaranya tepat waktu alias on time.

Catatan maskapai itu lebih baik dari Saudia Airlines. Dari 77 keberangkatan maskapai itu, sebanyak 60 penerbangan alias 77,92 persen diantaranya tepat waktu. “Sejauh ini alhamdulillah belum ada kendala berarti terkait kepulangan,” pungkas dia.

Comments

Popular posts from this blog

Makan-Makanan Yang Organik Dapat Menyembuhkan Penyakit Kanker

Perpustakaan Menjadi Pradaban Baru

Otot Panggul Melemah, Awas Picu Kebocoran Urin